SOAL TUGAS MATA KULIAH ANALISA & PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERORIENTASI OBJEK.


Jelaskan perbedaan antara perancangan pendekatan secara terstruktur dengan pendekatan berorientasi objek. Dipandang dari:

a.       Penggunaan alat permodelan

b.      Bahasa pemrograman

c.       Metodologi pengembangan sistem yang digunakan

 

2.      Jelaskan UML (United Modeling Language) serta jelaskan pula yang dimaksud dengan:

a.       Diagram kelas

b.      Diagram use-case

c.       Diagram package

d.      Diagram aktivitas

Serta berikan contohnya masing-masing

 

3.      Pada perancangan Sistem Informasi Penjualan berbasis Android, gambarkan:

a.       Use-case diagram

b.      Activities diagram

Serta gambarkan penggunaan system procedure diagram (flowmap) pada prosedur:

a.       Pendaftaran pelanggan

b.      Pemesanan produk yang akan dibeli

c.       Konfirmasi pemesanan

d.      Pembayaran

e.       Konfirmasi pembayaran

f.       Pengiriman barang

g.      Konfirmasi pengiriman barang

h.      Pembuatan laporan secara keseluruhan

JAWAB

1.    perancangan pendekatan secara terstruktur dengan pendekatan berorientasi objek.

perancangan pendekatan secara terstruktur Dipandang dari:

a.       Penggunaan alat permodelan

1)      DFD (Data Flow Diagram )

2)      Kamus Data

3)      Entity Relationship Diagram (ERD)

4)      State Transition Diagram (STD)

b.      Bahasa pemrograman

Foxpro, pascal procedure, function, COBOL, program, section, PARAGRAPH, PORTRAN, subroutine.

c.       Metodologi pengembangan sistem yang digunakan

1)      Metodologi pemecahan fungsional

Metode ini menekankan pada pemecahan sistem kedalam subsistem-subsistem yang lebih kecil, sehingga akan lebih mudah untuk dipahami, dirancang, dan diterpkan.

2)      Metodologi  berorientasi data

Metodologi ini menekankan pada karakteristik data yang akan diproses.

pendekatan berorientasi objek Dipandang dari:

a.       Penggunaan alat permodelan

1)      Rational Unified Process (RUP) (Rational Software – IBM 2003)

2)      Fusion (Coleman 1994)

3)      STS development Method 3 (ADM3) (Firesmith 1993)

4)      Berard’s object-oriented design (Berard 1991)

5)      Booch’s object-oriented design (Booch 1983, 1991)

6)      Coad and Yourdon’s object – oriented analysis (Coad & Yourdon 1989)

7)      Coad and Yourdon’s object-oriented analysis (OOA) (Coad & Yourdon 1991)

8)      Jacobson’s Objectory (Jacobson & Linstrom 1992)

9)      Rumbaugh’s object modelling technique (OMT) (Rumbaugh et al. 1991)

10)  Object-oriented system analysis (OOA) (Shlaer & Mellor 1988)

b.      Bahasa pemrograman

Visual foxpro, java c++, pascall, ruby, phyton, SIMULA, smalltalk, PHP, Delphi, dan lain-lain. 

c.       Metodologi pengembangan sistem yang digunakan

1)      Encapsulation

Encapsulation merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program terhadap data yang diproses. Data dan prosedur atau fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu objek, sehingga prosedur atau fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya. Data terlindung dari prosedur atau objek lain, kecuali prosedur yang berada dalam objek itu sendiri.

2)      Inheritance

Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Atribut dan metode dari objek dari objek induk diturunkan kepada anak objek, demikian seterusnya. Inheritance mempunyai arti bahwa atribut dan operasi yang dimiliki bersama di anatara kelas yang mempunyai hubungan secara hirarki. Suatu kelas dapat ditentukan secara umum, kemudian ditentukan spesifik menjadi subkelas. Setiap subkelas mempunyai hubungan atau mewarisi semua sifat yang dimiliki oleh kelas induknya, dan ditambah dengan sifat unik yang dimilikinya. Kelas Objek dapat didefinisikan atribut dan service dari kelas Objek lainnya. Inheritance menggambarkan generalisasi sebuah kelas.

3)      Polymorphism

Polimorfisme yaitu konsep yang menyatakan bahwa seuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda. Polimorfisme mempunyai arti bahwa operasi yang sama mungkin mempunyai perbedaan dalam kelas yang berbeda. Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk melakukan metode yang pantas dalam merespon message yang sama. Seleksi dari metode yang sesuai bergantung pada kelas yang seharusnya menciptakan Objek.

2.    UML (United Modeling Language)

UML atau “Unified Modelling Language” adalah suatu metode permodelan secara visual yang berfungsi sebagai sarana perancangan sistem berorientasi objek.

Definisi UML adalah sebagai suatu bahasa yang sudah menjadi standar pada visualisasi, perancangan, dan juga pendokumentasian sistem aplikasi. Saat ini UML menjadi bahasa standar dalam penulisan blue print software (arsitektur).

 

Adapun yang dimaksud dengan:

a.       Diagram kelas

Class diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang digunakan untuk menampilkan kelas-kelas maupun paket-paket yang ada pada suatu sistem yang nantinya akan digunakan. Jadi diagram ini dapat memberikan sebuah gambaran mengenai sistem maupun relasi-relasi yang terdapat pada sistem tersebut.Diagram use-case

b.      Diagram use-case

Use case diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan interaksi antara sistem dan aktor, use case diagram juga dapat men-deskripsikan tipe interaksi antara si pemakai sistem dengan sistemnya.Diagram package

 


c.       Diagram package

Package diagram atau diagram paket merupakan salah satu jenis UML yang dipakai untuk mengelompokon elemen-elemen seperti use case maupun class diagram.

Supaya kalian lebih memahami mengenai package diagram, berikut ini adalah beberapa gambarannya.

·         Package diagram dapat kita asusmsikan seperti halnya folder yang terdapat dalam operating system seperti windows maupun linux.

·         Package adalah sekumpulan class atau element dengan sifat yang sama.

·         package digambarkan seperti sebuah direktori folders.

d.      Diagram aktivitas

Activity diagram atau diagram aktivitas yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang dapat memodelkan proses-proses apa saja yang terjadi pada sistem.

 

 

3        Pada perancangan Sistem Informasi Penjualan berbasis Android, gambarkan:

c.       Use-case diagram

d.      Activities diagram

Serta gambarkan penggunaan system procedure diagram (flowmap) pada prosedur:

i.        Pendaftaran pelanggan

j.        Pemesanan produk yang akan dibeli

k.      Konfirmasi pemesanan

l.        Pembayaran

m.    Konfirmasi pembayaran

n.      Pengiriman barang

o.      Konfirmasi pengiriman barang

p.      Pembuatan laporan secara keseluruhan

 

 

Sumber referensi:

https://aat-apbo.blogspot.com/

https://dwiprinaldiduaenam.blogspot.com/2020/04/tugas-1.html

http://www.pengertianku.net/2015/09/pengertian-uml-dan-jenis-jenisnya-serta-contoh-diagramnya.html

https://guratgarut.com/contoh-package-diagram/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB II PERANCANGAN SISTEM PENDEKATAN SECARA TERSTRUKTUR

BAB 1 KONSEP DASAR

TUTORIAL PHALCON PHP UNTUK PEMULA