SOAL TUGAS MATA KULIAH ANALISA & PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERORIENTASI OBJEK.
a. Penggunaan
alat permodelan
b. Bahasa
pemrograman
c. Metodologi
pengembangan sistem yang digunakan
2. Jelaskan
UML (United Modeling Language) serta jelaskan pula yang dimaksud dengan:
a. Diagram
kelas
b. Diagram
use-case
c. Diagram
package
d. Diagram
aktivitas
Serta
berikan contohnya masing-masing
3. Pada
perancangan Sistem Informasi Penjualan berbasis Android, gambarkan:
a. Use-case
diagram
b. Activities
diagram
Serta
gambarkan penggunaan system procedure diagram (flowmap) pada prosedur:
a. Pendaftaran
pelanggan
b. Pemesanan
produk yang akan dibeli
c. Konfirmasi
pemesanan
d. Pembayaran
e. Konfirmasi
pembayaran
f. Pengiriman
barang
g. Konfirmasi
pengiriman barang
h. Pembuatan
laporan secara keseluruhan
JAWAB
1. perancangan
pendekatan secara terstruktur dengan pendekatan berorientasi objek.
perancangan pendekatan secara
terstruktur Dipandang dari:
a. Penggunaan
alat permodelan
1) DFD
(Data Flow Diagram )
2) Kamus
Data
3) Entity
Relationship Diagram (ERD)
4) State
Transition Diagram (STD)
b. Bahasa
pemrograman
Foxpro,
pascal procedure, function, COBOL, program, section, PARAGRAPH, PORTRAN,
subroutine.
c. Metodologi
pengembangan sistem yang digunakan
1) Metodologi
pemecahan fungsional
Metode
ini menekankan pada pemecahan sistem kedalam subsistem-subsistem yang lebih
kecil, sehingga akan lebih mudah untuk dipahami, dirancang, dan diterpkan.
2) Metodologi berorientasi data
Metodologi
ini menekankan pada karakteristik data yang akan diproses.
pendekatan berorientasi
objek Dipandang dari:
a. Penggunaan
alat permodelan
1) Rational
Unified Process (RUP) (Rational Software – IBM 2003)
2) Fusion
(Coleman 1994)
3) STS
development Method 3 (ADM3) (Firesmith 1993)
4) Berard’s
object-oriented design (Berard 1991)
5) Booch’s
object-oriented design (Booch 1983, 1991)
6) Coad
and Yourdon’s object – oriented analysis (Coad & Yourdon 1989)
7) Coad
and Yourdon’s object-oriented analysis (OOA) (Coad & Yourdon 1991)
8) Jacobson’s
Objectory (Jacobson & Linstrom 1992)
9) Rumbaugh’s
object modelling technique (OMT) (Rumbaugh et al. 1991)
10) Object-oriented
system analysis (OOA) (Shlaer & Mellor 1988)
b. Bahasa
pemrograman
Visual
foxpro, java c++, pascall, ruby, phyton, SIMULA, smalltalk, PHP, Delphi, dan
lain-lain.
c. Metodologi
pengembangan sistem yang digunakan
1) Encapsulation
Encapsulation
merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program terhadap data yang
diproses. Data dan prosedur atau fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu objek,
sehingga prosedur atau fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya. Data
terlindung dari prosedur atau objek lain, kecuali prosedur yang berada dalam
objek itu sendiri.
2) Inheritance
Inheritance
adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data/atribut
dan metode dari induknya langsung. Atribut dan metode dari objek dari objek
induk diturunkan kepada anak objek, demikian seterusnya. Inheritance mempunyai
arti bahwa atribut dan operasi yang dimiliki bersama di anatara kelas yang
mempunyai hubungan secara hirarki. Suatu kelas dapat ditentukan secara umum,
kemudian ditentukan spesifik menjadi subkelas. Setiap subkelas mempunyai
hubungan atau mewarisi semua sifat yang dimiliki oleh kelas induknya, dan
ditambah dengan sifat unik yang dimilikinya. Kelas Objek dapat didefinisikan
atribut dan service dari kelas Objek lainnya. Inheritance menggambarkan
generalisasi sebuah kelas.
3) Polymorphism
Polimorfisme
yaitu konsep yang menyatakan bahwa seuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan
perilaku berbeda. Polimorfisme mempunyai arti bahwa operasi yang sama mungkin
mempunyai perbedaan dalam kelas yang berbeda. Kemampuan objek-objek yang
berbeda untuk melakukan metode yang pantas dalam merespon message yang sama.
Seleksi dari metode yang sesuai bergantung pada kelas yang seharusnya menciptakan
Objek.
2. UML
(United Modeling Language)
UML atau “Unified Modelling
Language” adalah suatu metode permodelan secara visual yang berfungsi sebagai
sarana perancangan sistem berorientasi objek.
Definisi UML adalah sebagai suatu
bahasa yang sudah menjadi standar pada visualisasi, perancangan, dan juga
pendokumentasian sistem aplikasi. Saat ini UML menjadi bahasa standar dalam
penulisan blue print software (arsitektur).
Adapun yang dimaksud dengan:
a. Diagram
kelas
Class
diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang digunakan untuk
menampilkan kelas-kelas maupun paket-paket yang ada pada suatu sistem yang
nantinya akan digunakan. Jadi diagram ini dapat memberikan sebuah gambaran
mengenai sistem maupun relasi-relasi yang terdapat pada sistem tersebut.Diagram
use-case
b. Diagram
use-case
Use
case diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan
interaksi antara sistem dan aktor, use case diagram juga dapat men-deskripsikan
tipe interaksi antara si pemakai sistem dengan sistemnya.Diagram package
c. Diagram
package
Package
diagram atau diagram paket merupakan salah satu jenis UML yang dipakai untuk
mengelompokon elemen-elemen seperti use case maupun class diagram.
Supaya
kalian lebih memahami mengenai package diagram, berikut ini adalah beberapa
gambarannya.
·
Package diagram dapat kita asusmsikan
seperti halnya folder yang terdapat dalam operating system seperti windows
maupun linux.
·
Package adalah sekumpulan class atau
element dengan sifat yang sama.
· package digambarkan seperti sebuah direktori folders.
d. Diagram
aktivitas
Activity
diagram atau diagram aktivitas yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang
dapat memodelkan proses-proses apa saja yang terjadi pada sistem.
3
Pada perancangan Sistem Informasi
Penjualan berbasis Android, gambarkan:
c. Use-case
diagram
d. Activities
diagram
Serta
gambarkan penggunaan system procedure diagram (flowmap) pada prosedur:
i.
Pendaftaran pelanggan
j.
Pemesanan produk yang akan dibeli
k. Konfirmasi
pemesanan
l.
Pembayaran
m. Konfirmasi
pembayaran
n. Pengiriman
barang
o. Konfirmasi
pengiriman barang
p. Pembuatan
laporan secara keseluruhan
Sumber referensi:
https://aat-apbo.blogspot.com/
https://dwiprinaldiduaenam.blogspot.com/2020/04/tugas-1.html
http://www.pengertianku.net/2015/09/pengertian-uml-dan-jenis-jenisnya-serta-contoh-diagramnya.html
https://guratgarut.com/contoh-package-diagram/
Komentar
Posting Komentar